PENGEMBANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN PADA APLIKASI PEMBUKAAN REKENING DIGITAL SAVING BRI

Penulis

  • Akhmad Ramadhoni UIN Raden Fatah Palembang
  • Evi Fadilah Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Kata Kunci:

Goal-directed Design, Digital Saving, User Interface, User Experience, Android

Abstrak

User Interface dan User Experience yang terintegrasi serta harmonis tidak hanya akan membuat aplikasi tampil lebih menarik akan tetapi juga bisa meningkatkan kepuasan pengguna. Proses Pembangunan prototype ini menggunakan metode Goal Directed Design untuk mempertemukan kebutuhan pengguna dengan tujuan pengguna (user) melalui User Interface yang berfokus pada tujuan akhir. Dalam artikel ini berfokus pada pengembangan desain UI/UX pada aplikasi Digital Saving BRI dengan pendekatan Goal Directed Design, yang mana hasil akhir berupa Prototype UI/UX aplikasi Digital Saving milik BRI. Identifikasi masalah meliputi tampilan yang kurang menarik, kurang kekinian, penumpukan kalimat pada UI, Struktur menu perlu diperbaiki, dan penempatan tombol dan konten yang perlu disesuaikan lagi. Dengan merancang ulang desain UI/UX yang berfokus pada pengguna dan tujuan ini akan membantu mengatasi permasalahan yang telah diidentifikasi, meningkatkan pengalaman pengguna, dan merangsang minat pengguna dalam membuka Rekening baru melalui aplikasi Digital Saving milik BRI.

Referensi

An, A. ’, Anwar, C., Muslimah Az-Zahra, H., & Rokhmawati, R. I. (2022). Evaluasi dan Perancangan Ulang User Interface menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD) pada E-Learning SMKN 1 Sambeng Lamongan (Vol. 6, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id

Candra Wardana, F., & Gusti Lanang Putra Eka Prismana, I. (n.d.). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. JEISBI, 03, 2022.

Giffari, M., Pamungkas, R., Muliawati, A., & Indarso, A. O. (2021). Perancangan User Interface Sistem Informasi Desa Menggunakan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Desa Sukamanah). In Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia.

Kardbri, F. W., Dwi, D., Suwawi, J., & Herdiani, A. (n.d.). Perancangan User Interface Fitur SAN Class untuk Guru pada Aplikasi SANEDU Menggunakan Metode Goal-Directed Design.

Muliawati, A., Rahayu, T., Hesti Indriana, I., Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, D., & Fatmawati Pondok Labu Jakarta Sur-el, J. R. (2021). Desain Tampilan Aplikasi Sistem Pelayanan Masyarakat Desa Dengan Metode Goal-Directed Design. Jurnal Ilmiah MATRIK, 23(2).

Pratomo, A. G., Arwani, I., & Muslimah Az-Zahra, H. (2023). Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Website menggunakan Goal Directed Design (Vol. 7, Issue 1). http://j-ptiik.ub.ac.id

Pribadi, S. A., Rokhmawati, R. I., & Brata, K. C. (2019). Perancangan User Experience Situs Web Tanoto Scholars Association Brawijaya Malang menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD) (Vol. 3, Issue 8). http://j-ptiik.ub.ac.id

Rahayu, N., Agus Supriyono, I., Mulyawan, E., Nurfadhillah, F., Yulianto, D. R., & Ramadhan, A. Z. (n.d.). Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital.

Tejamukti, A. A., Muslimah Az-Zahra, H., & Rokhmawati, R. I. (2018). Pengembangan Antarmuka Website PPPA Daarul Qur’an Malang Dengan Menggunakan Metode Goal Directed Design (Vol. 2, Issue 12). http://j-ptiik.ub.ac.id

Diterbitkan

2023-11-30