Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Sumber Mas Medan
Kata Kunci:
Pelanggan, Bengkel Sumber Mas, Sampel, Kualitas Layanan, LoyalitasAbstrak
Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah Untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Bengkel Sumber Mas. Adapun populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah semua konsumen yang telah melakukan pembelian di Bengkel Sumber Mas pada tahun 2022 yang tidak diketahui dengan pasti jumlah konsumennya dan Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan mendapatkan 96 sampel. Hasil uji secara parsial pada Kualitas Layanan (X1) terlihat bahwa bahwa nilai thitung (5.217) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Sumbel Mas. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,474 artinya variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Layanan 47,4% sedangkan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti perilaku konsumen dan kualitas produk.
Referensi
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito, P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 05(02), 1653–1664.
Alfianto, A. (2021). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Psikoborneo, 07(03), 482–488.
Cuhanazriansyah, M. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (5 C.E.). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 02(311–319).
Feliona, C., & Weny, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Brayan Vegetarian Medan. Proceedings Economic, Social Science, Computer, Agriculture and Fisheries (ESCAF), 01(01), 128–133.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Khowijaya, T. C., Sutarno, S., Nugroho, N., Vincent, W., & Cindy, C. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantin Maitreyawira Medan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik (JEPA), 07(02), 267–271.
Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(01), 35–39.
Putra, I. K. A. M., Wimba, I. G. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 01(04), 1279–1291.
Putri, F., Tumbel, A., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 09(01), 1428–1438.
Rifa, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan (Hikam Pustaka (ed.)).
Riyadi, M. E. Y., & Erdiansya, R. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 07(02), 356–367.
Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 02(01), 41–50.
Rizkillah, A., Suryani, S., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bamboo Coffee dan Resto di Lhokseumawe. Jurnal MBIA, 19(01), 87–96.
Safitri, D., & Hayati, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Jasa Online Maxim. Jurnal Ecogen, 05(01), 25–36.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryantini, I. G. A. A., & Sujana, I. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee di Kota Singaraja. Jurnal Ekuitas: Pendidikan Ekonomi, 11(01), 116–122.
Tojiri, Y., & Rusdian, S. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Jasa Karunia Tour & Travel Garut. Jurnal Mirai Management, 08(01), 251–264.